KABAR INFO-ID TRANSLATE
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Beda Antara Band 40m, 80m, dan 160m,

Low Bands didefinisikan meliputi 40m, 80m dan 160m. Propagasi di antara band-bandtersebut amat berbeda.Dalam buku LOW Band DXing, edisi 5, ARRL, 2010, Bab 1, halaman 52, John, ON4UN, menulis singkat tentang perbedaan tiap band, termasuk karakter propagasinya. Berikut terjemahannya untuk Anda:


40m - Seperti band HF yang kondisinya sangat baik pada malam hari (band ini hampir mirip dengan VHF bagi seorang topbander!)
Prakiraan propagasinya bisa diselesaikan dengan menggunakan program-program klasik yang berbasis MUF (maximun usable frequency)
Propagasi grayline juga terjadi sepanjang garis terminator – seperti yang terjadi pada band-band HF yang lebih tinggi.

Zona grayline bisa mencakup kawasan yang sangat luas (selama berjam-jam bahkan di medium latitudes)
Pembelokan (skewed) sinyal tidak sebanyak yang terjadi pada 80m dan lebih lagi pada 160m.

40m memungkinkan Anda bekerja DX mencapai jarak/arah ke mana saja, bila peralatannya memadai.

80m - Dengan peralatan yang memadai di kedua stasiun maka dapat menjangkau jarak dan arah kemana pun pada saat-saat yang tepat tiap tahun.
Selama tahun-tahun/masa sunspot yang rendah, propagasi pada 80m bisa jadi sangat dipengaruhi oleh MUF
Propagasi grayline yang amat bagus selalu terjadi pada arah yang tegak lurus terhadap garis terminator.
Bekerja DX melalui sabuk aurora (auroral belt) adalah sesuatu yang biasa, bahkan pada tahun-tahun sunspot yang tinggi.

160m - propagasinya tidak dipengaruhi oleh MUF, dan hanya secara marjinal dipengaruhi oleh siklus matahari (solar).
Selain ada fenomena aurora, belum diketahui secara persis apa yang menyebabkan baik atau buruknya DX pada malam hari. Misteri masih merupakan bagian terbesar dari Top Band!
Absorbsi/penyerapan oleh aurora sangat lazim terjadi pada 160m.Pembelokan (skewed) sinyal sering terjadi Propagasi grayline yang amat bagus selalu terjadi pada arah yang tegak lurus terhadap garis terminator.

160m memiliki area khusus di mana untuk bekerja DX adalah mudah – yaitu kawasan sekitar 5000km dari QTH Anda. Sebagai contoh, Eropa barat bisa mudah bekerja dengan pantai timur AS tiap hari. Zone grayline yang abu-abu adalah W5, W8 dan W9.

Sedangkan W0 adalah lebih gelap dari abu-abu. Untuk kawasan di luar itu, kondisi propagasi harus lebih baik di atas rata-rata. Ini berbeda dengan 80m, di mana jarak yang lebih jauh masih mungkin bisa dicapai tiap hari – atau peralihan kondisi propagasi antara “mudah” dan “susah” sepertinya lebih tersamar.

Long path yang istimewa ( yaitu, tanpa ada pembelokan sinyal) pada 160m adalah pengecualian, kecuali untuk stasiun-stasiun yang berada dekat dengan antipodes, dan hanya terjadi pada masa siklus sunspot yang rendah.

Bila propagasi 80m terbuka, tidak ada jaminan bahwa 160m akan terbuka juga. Namun, bila 80m buruk, maka 160m pun buruk. Jadi, jangan pernah meng-ekstrapolasi kecenderungan dari high bands ke band yang lebih rendah, karena hasilnya tidak akan pernah sesuai.

Secara tipikal, pada 160m ada QSB yang pelan tapi dalam, terutama pada jarak yang marjinal. Disarankan supaya bisa membaca callsign lawan pada kesempatan awal QSO. Mungkin tidak akan ada kesempatan kedua atau -kalau pun ada- itu akan terjadi pada beberapa menit kemudian. Saya jarang mengalami hal ini pada 80m.

Kesabaran adalah penting. Anda mungkin harus menunggu lama sampai puncak propagasi terjadi pada Anda.

Saat siklus sunspot yang rendah, 160m biasanya meberikan puncak propagasi pada sunrise (terkadang juga sebelum tengah malam), utamanya untuk long path yang terjauh, dan ketika kedua ujung path berada di garis terminator. Sangat sering kita saksikan adanya sinyal yang memuncak pada masa sunrise.

Adapun pada saat sunset, lebih jarang terjadi. Yang ada, biasanya pembukaan yang lebih melebar dalam waktu satu jam setelah matahari tenggelam.
Pada 160m, gejala skip seringkali pada area tertentu saja.
Bekerja DX melalui lingkaran aurora adalah sangat sulit (atau bahkan tidak mungkin) dilakukan pada 160m.

0 komentar:

Posting Komentar

Pesan yang tidak sopan dan Pesan yang banyak mengandung link akan kami anggap Sebagai SPAM !...

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com